250 Orang Pramuka Dilatih Pengenalan Saka Wanabakti di KHDTK HD Rumpin


Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Bogor yang memiliki Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Diklat (HD) Rumpin dijadikan Lokasi untuk para peserta pramuka dalam pelaksanaan pelatihan pengenalan saka wanabakti. Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan (Puslatmas dan PGL) memilih lokasi KHDTK HD Rumpin untuk acara pelaksanaan pelatihan pengenalan saka wanabakti yang diikuti sebanyak 250 orang peserta dan 40 orang Pembina dari anggota pramuka penegak dan pandega.
Peserta berasal dari 5 wilayah kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bogor sebanyak 50 orang, Kota Bogor sebanyak 50 orang, Kota Depok sebanyak 50 orang, Kota Tangerang Selatan sebanyak 50 orang, dan Kota Tangerang. Acara pramuka ini diselenggarakan pada tanggal 11 s/d 13 Mei 2017 kegiatan diawali dengan registrasi para peserta hingga pemberian materi dan praktek mengenai 4 Krida yaitu Krida Tata Wana, Krida Guna Wana, Krida Reksa Wana, dan Krida Bina Wana.
Acara ini diselenggarakan untuk memberi pelatihan pengenalan anggota baru pada Saka Wanabakti dan untuk memperkenalkan bahwa saka wanabakti adalah salah satu satuan karya pramuka yang merupakan wadah pendidikan di bidang kehutanan dan lingkungan hidup bagi anggota pramuka agar mereka dapat membantu, membina dan mengembangkan kegiatan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat bangsa dan Negara.
Hal seperti ini sangat baik sebagai sarana edukasi untuk para peserta didik baik tingkat SD/SMP maupun SLTA/Sederajat, dengan acara yang diadakan dan pemberian beberapa materi mengenai saka wanabakti dan tentang krida yang ada. Diharapkan agar para peserta saka wanabakti dapat menjadi penerus bangsa yang dapat mengembangkan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *