Diklat Pemantauan Populasi Harimau Sumatera Tahun 2018

Kamis, 28 Juni Tahun 2018 dilaksanakan Pembukaan Diklat Pemantauan Populasi Harimau Sumatera di Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bogor. Diklat ini merupakan diklat kerjasama antara Pusat Diklat SDM LHK dengan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati, Ditjen KSDAE, Forum Harimau Kita dan BDLHK Bogor, kegiatan diklat ini akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari mulai tanggal 28 Juni s.d 04 Juli Tahun 2018.

Diklat Pemantauan Populasi Harimau Sumatera  diikuti sebanyak 30 orang Peserta (1 angkatan) dari berbagai instansi mulai dari BKSDA sebanyak 13 orang, BBTN 2 orang, BTN 11 orang, dan dari Balai Diklat LHK 4 orang. Tenaga pengajar  pada diklat ini terdiri dari Widyaiswara Pusat Diklat SDM LHK, Forum Harimau Kita dan instansi yang terkait lainnya.

Diklat ini diadakan agar setiap pengelola kawasan konservasi memiliki data dan informasi mengenai sebaran keberadaan dan besaran populasi Harimau Sumatera,  dengan memiliki metodologi yang seragam baik dikarenakan kesenjangan pengetahuan dan pemahaman, maupun keterbatasan sumber daya, maka dari itu hal tersebut perlu adanyan peningkatan kompetensi. Dengan melalui Pelatihan Pemantauan Populasi Harimau Sumatera sangat diperlukan bagi UPT maupun Pemerintah Pusat dalam melakukan Pengelolaan mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan hingga Evaluasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *