Akreditasi Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Akreditasi adalah pengakuan terhadap sebuah lembaga yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Akreditasi yang dilakukan pada Balai Diklat LHK Bogor dilakukan mulai tanggal 3 s/d 6 Oktober 2017, dimulai dari wawancara sampai observasi lapangan.

Pada paparan tim akreditasi dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini memaparkan tujuan adanya sebuah akreditasi pada lembaga pendidikan dan pelatihan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini, tujuan sebagai berikut :

  1. Memberikan gambaran tingkat kinerja suatu lembaga yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan lembaga tersebut untuk lebih baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.
  2. Memberikan jaminan kepada publik bahwa lembaga tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.
  3. Memberikan layanan kepada publik bahwa peserta diklat pada lembaga ini mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional.

Pembukaan Akreditasi BDLHK Bogor oleh perwakilan tim akreditasi dan Kepala Seksi Penyelenggara Diklat pada hari selasa 3 Oktober 2017 setelah pembukaan, dilanjutkan dengan wawancara para widyaiswara BDLHK Bogor. Wawancara dilakukan pada tim penyelenggara diklat, tim evaluasi diklat dan tim sarana prasarana diklat. Wawancara berlangsung selama 2 hari terhitung pada hari pembukaan.

Observasi lapangan pada sarana dan prasarana kediklatan dilakukan pada hari kamis tanggal 5 Oktober 2017 , dan hari jum’at dilakukan penutupan akreditasi dengan penandatanganan dokumen mengenai akreditasi yang telah dilakukan selama 4 hari berturut-turut oleh Kepala Balai Diklat LHK Bogor dan para Tim Akreditasi.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *